ARTI PENTING KETAHANAN PANGAN DALAM KETAHANAN NASIONAL

Pangan mempunyai arti penting dalam membangun Ketahanan Nasional. Ketahanan dibidang Pangan ini dipandang Strategis karena tidak ada negara manapun yang bisa mampu membangun perekonomian tanpa didukung oleh ketersediaan pangan yang cukup bagi warga negaranya.

Di Indonesia, sektor pangan merupakan sektor penentu tingkat kesejahteraan. Hal ini dikarenakan sebagian besar penduduk bekerja on-farm untuk yang berada di daerah pedesaan. Sedangkan di daerah perkotaan, masih banyak juga penduduk yang menghabiskan pendapatannya untuk konsumsi.

Memperhatikan hal tersebut, kemandirian pangan merupakan syarat mutlak bagi ketahanan nasional. Salah satu langkah strategis untuk memelihara ketahanan nasional adalah melalui upaya mewujudkan kemandirian pangan.

Bila ketersediaan pangan lebih kecil dibandingkan kebutuhannnya, akan dapat menciptakan ketidak-stabilan ekonomi. Berbagai gejolak sosial dan politik dapat juga terjadi jika ketahanan pangan terganggu. Kondisi pangan yang kritis ini bahkan dapat membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas Nasional.

Di Indonesia, pangan identik dengan beras. Bila harga beras melambung tinggi tanpa bisa dikendalikan bisa memicu ketahanan nasional. Seperti meroketnya harga beras di tahun 1997 / 1998. Kegagalan panen waktu itu memicu naiknya harga beras. Dampaknya memicu kerawanan sosial yang membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas nasional.

Menyadari pentingnya arti pangan, pemerintah saat ini sedang menggalakkan program swasembada pangan. Harapannya tiga tahun kedepan, Indonesia mampu berswasembada pangan dan tidak tergantung dengan impor dari negara lain.

Dalam mensukseskan program tersebut, pemerintah tidak hanya melibatkan kementerian pertanian saja. Namun juga menggandeng TNI Angkatan Darat untuk mendukung program ini.

Pelibatan TNI AD dalam menyukseskan program ketahanan pangan ini bukan berarti mengambil alih peran kementerian pertanian. Namun bersifat membantu agar program ketahanan pangan dapat berjalan dengan sukses, mengingat TNI AD memiliki sumber daya yang besar baik personel maupun sarana dan prasarana yang mendukung untuk bidang pertanian.

Peran TNI AD dalam mendukung program ini pun selama ini patut diacungi jempol. TNI AD telah mengambil peran proaktif dalam mendukung program ketahanan pangan. Terwujudnya ketahanan pangan yang kokoh nantinya diharapkan dapat memperkuat ketahanan nasional yang tangguh di Negara Kesatuan Republik Indonesia.