GENERASI MILLENIAL, BERPOTENSI DORONG PERTUMBUHAN ENTREPENEUR

Dunia telah memasuki era baru teknologi. Hal ini tidak hanya mengubah gaya hidup manusia. Lebih dari itu, secara tidak sadar, teknologi tersebut telah menciptakan generasi baru yakni generasi Milenial.

Generasi Milenial atau yang juga disebut generasi digital native ini di dominasi oleh generasi muda. Mereka tercipta karena mereka tumbuh dalam kehidupan yang kesemuanya serba digital. Mereka biasa mengandalkan multitasking dan teknologi untuk mendukung semua kegiatannya.

Teknologi telah memasuki berbagai aspek kehidupan mereka, terutama tentang bagaimana cara mereka berinteraksi. Sehingga tak mengherankan apabila anak-anak muda yang termasuk di generasi Y (umumnya kelahiran tahun 1980-an hingga sekarang ) disebut sebagai the net generation.

Lingkup pergaulannya cenderung luas. Karena mereka terhubung dengan komunitas tanpa batas jarak ruang dan waktu melalui media-media di internet. Seperti Twitter, Facebook dan lain sebagainya. Tidak ada lagi jarak, dan semua saling terkoneksi. Mereka merubah tatanan nilai dan gaya hidup selama ini, menjadi serba digital. Diperkirakan, generasi milenial akan mendominasi di Indonesia pada tahun 2020.

Ketika generasi millenial yang modern ini sudah mulai berbaur di lingkungan kerja, sebagian orang lain mungkin merasa kewalahan dengan perilaku generasi ini. Kecepatannya dalam bekerja karena menggunakan teknologi pasti akan membuat sebagian rekan kerjanya menjadi kewalahan. Prakstis, cepat dan tepat salah satu cirikhas yang dimaui para generasi Milenial ini.

Tentu saja hal ini menjadi potensi tersendiri bagi suatu negara. Mau tidak mau mereka harus siap menerima generasi muda yang hidup akrab dengan era digital ini. Hal ini hampir dialami oleh semua negara, seiring dengan perkembangan teknologi digital. Jika negara mampu mengakomodasi dengan benar maka generasi ini sangat berpotensi untuk mendorong perekonomian nasional.

Saat ini generasi Milenial telah banyak membuat inovasi bisnis. Seperti kehadiran sejumlah marketplace, Bukalapak.com dan Tokopedia.com. Hal ini membuktikan generasi millenial juga bisa mengasilkan entrepreneur – entrepreneur yang sukses dan mendukung pertumbuhan nilai bisnis e-Commerce di Indonesia.

Dengan perkembangan teknologi digital yang semakin canggih ini, maka generasi milenial ikut membangun ekonomi lewat dunia digital. Tumbuhnya ekosistem digital ikut membangun kekuatan ekonomi baru.