Industri

Keberadaan industri sangat berpengaruh pada kehidupan perekonomian masyarakat di Kecamatan Kalijambe, karena usaha industri ini menyerap tenaga kerja cukup banyak sehingga menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat sekitar usaha industri ini.

Industri pengolahan kayu atau mebel mendominasi pada sektor ini, di mana sebagian besar merupakan industri rumah tangga. Industri mebel banyak tersebar di Desa Banaran, Sambirembe, Karangjati, dan beberapa di Desa Saren, Tegalombo, dan Jetis Karangpung.

Untuk membantu memasarkan produk mebel, pemerintah daerah Kabupaten Sragen telah membangun Zona Industri yang terletak di Desa Sambirembe dan membangun pasar mebel yang terletak di Desa Banaran.

Kecamatan Kalijambe mempunyai potensi Industri yang luar biasa. Di Desa Sambirembe selain industri mebel juga terdapat kerajinan tenun, dimana untuk pemasarannya masih mengandalkan pengepul dari Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Sukoharjo.

Selain industri mebel dan kerajinan tenun, di Kecamatan Kalijambe terdapat pula kerajinan batik dan kerajinan kancing yang terbuat dari tempurung kelapa yang terletak di Desa Bukuran.

Di balik menariknya sejarah Sangiran dengan situs arkeologinya, terdapat pula beberapa perajin batu akik khas Sangiran, Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Batu akik khas Sangiran ini cukup unik, seperti Batu Akik Calcedony Putih, Batu Akik Hati Ayam dan jenis lainnya. Bahkan jika beruntung anda bisa mendapatkan fosil tumbuhan yang telah membatu selama jutaan tahun lamanya.