Pemerintahan

Kecamatan Kalijambe dipimpin oleh seorang Camat yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah Kabupaten.

Secara administrasi, Kecamatan Kalijambe terbagi menjadi 14 desa, dimana setiap desa dipimpin oleh seorang Kepala Desa yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Camat.

Untuk mempermudah koordinasi dalam melaksanakan program‐program pembangunan, setiap desa terbagi menjadi beberapa dukuh dan beberapa rukun tetangga (RT). Tercatat pada tahun 2015, Kecamatan Kalijambe terdiri dari 137 dukuh dan 254 rukun tetangga.
Sedangkan jumlah perangkat desa se Kecamatan Kalijambe sebanyak 158 orang, yang terdiri dari 138 orang laki‐laki dan 20 orang perempuan.

Terdapat 2 desa di Kecamatan Kalijambe yang dipimpin oleh kepala desa wanita sedangkan yang lainnya dipimpin oleh kepala desa laki‐laki. Susunan perangkat desa adalah Kepala Desa dibantu oleh seorang Sekretaris Desa.

Sedangkan di bidang administrasi dilaksanakan oleh kepala Urusan, dan untuk pelaksanaan teknis di lapangan dilaksanakan oleh PTD (Petugas Teknis Lapangan). Bayan adalah seorang yang memimpin di wilayah kebayanan, biasanya membawahi beberapa RT yang bertanggung jawab langsung kepada Kepala Desa