PULUHAN ANAK – ANAK IKUTI LOMBA SPIRITUAL

kalijambe, sragen

KALIJAMBE – Puluhan anak-anak usia dini pagi tadi, Rabu (16/8) mengikuti Lomba Spiritual yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Masjid Besar Al Iklash Kecamatan Kalijambe. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 Republik Indonesia.

Koordinator Panitia lomba, Nafi’atun Fitria, M.Pd.I dalam laporan kegiatannya mengatakan, ada beberapa kategori dalam lomba tersebut. Yakni kategori Kelompok Bermain (KB), Kategori Taman Kanak-Kanak (TK), Kategori RA / BA dan kategori guru PAUD.

Jumlah keseluruhan peserta sebanyak 249 anak-anak dan 52 orang guru PAUD. “Peserta dari kategori PP/PB/TPA sebanyak 46 peserta, TK 126 peserta, RA/BA 77 Peserta, sedangkan dari Guru PAUD sejumlah 52 peserta,”terang Nafi’atun.

Dewan Juri pada perlombaan yang rutin dilakukan tiap tahun menjelang Peringatan HUT RI tersebut berjumlah 20 orang. Terdiri dari Guru PAI SD, RA, TK, PP, KB dan TPA. Sedangkan cabang yang diperlombakan terdiri dari lomba hafalan Surat pendek, hafalan doa, gerakan sholat subuh berjamaah dan lomba mewarnai gambar kaligrafi. Sedangkan cabang lomba untuk Guru PAUD yakni Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ).

Acara perlombaan dibuka oleh Kasi Kesra Kec. Kalijambe Nuryahman Hartono, ST,MSi mewakili Camat Kalijambe. Dalam sambutannya, Nuryahman berpesan kepada orang tua siswa dan Guru PAUD untuk membekali anak-anak dengan pendidikan agama. Karena menurutnya dengan pendidikan agama, anak-anak akan mempunyai karakter yang baik dan bisa membentengi diri dari pengaruh negatif. Seperti pergaulan bebas, minum-minuman keras dan narkoba. “Katakan tidak pada narkoba, orang tua wajib membimbing anak-anak agar tidak terjebak pada pergaulan bebas dan narkoba, mari kita bekali anak-anak dengan pendidikan agama yang kuat,” kata Nuryahman.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Kemenag Kecamatan Kalijambe, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kec. Kalijambe, Pengawas TK / SD dan Pengawas RA / BA. Terlihat pula Ny.Yusdi Thoyib selaku Bunda PAUD Kecamatan. Usai acara dibuka, Bunda PAUD berkesempatan mengibur anak-anak dengan mengajak bernyanyi bersama-sama.