Sekilas Kecamatan Kalijambe

Kalijambe adalah salah satu di antara 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Kalijambe terletak di ujung barat daya Kabupaten Sragen.

Di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar, sedangkan sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Gemolong dan sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Plupuh.

Wilayah Kecamatan Kalijambe menempati area seluas 46,95 km2 atau sekitar 4,99 persen dari luas Kabupaten Sragen. Sebagian besar wilayah Kecamatan Kalijambe merupakan daerah pertanian. Rata‐rata ketinggian daerah‐daerah di Kecamatan Kalijambe adalah 123 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan 1,752 mm dan hari hujan sebanyak 69 hari hujan setahun

Kecamatan ini memiliki banyak sumber daya alam serta pariwisata, salah satu objek wisata yang terkenal adalah situs prasejarah Sangiran. Kalijambe juga terkenal sebagai sentra industri mebel atau furniture dikarenakan kebanyakan masyarakatnya merupakan pengrajin kayu. Salah satunya adalah sentra industri mebel yang diresmikan oleh Presiden Megawati, yang terletak di Desa Banaran.

Batas wilayah :

  • Utara : Kecamatan Gemolong, Sragen
  • Timur : Kecamatan Plupuh, Sragen
  • Selatan: Kabupaten Karanganyar
  • Barat : Kabupaten Boyolali

Kecamatan Kalijambe terdiri dari 14 desa, yaitu:

  1. Banaran
  2. Bukuran
  3. Donoyudan
  4. Jetis Karangpung
  5. Kalimacan
  6. Karangjati
  7. Keden
  8. Krikilan
  9. Ngebung
  10. Samberembe
  11. Saren
  12. Tegalombo
  13. Trobayan
  14. Wonorejo